Minggu, 30 Desember 2012

Posted by AnDiz-SoftWare On 06.59
Jika kamu pengguna sistem operasi Windows, pasti sudah tidak asing lagi kan dengan namanya Sleep, Hibernate, dan Sleep Hybrid. Yap..ketiganya adalah mode yang sering digunakan untuk membantu menghemat daya tahan baterai ketika menggunakan Windows pada komputer atau laptop.
sleep
Fitur-fitur tersebut sangat berguna, terutama saat kamu menggunakan komputer yang tidak terhubung dengan listrik. Mungkin kamu sering menggunakan pilihan mode tersebut, namun apakah kamu mengetahui perbedaan antara Sleep, Hibernate, dan Sleep Hybrid? Jika tidak, kali ini PG akan menjelaskan perbedaan dari masing-masing mode tersebut.

Apa itu Sleep?

Sleep adalah mode power saving yang sederhana namun berguna, ketika kamu mengaktifkan fitur ini maka semua aplikasi yang sedang berjalan akan dihentikan, selama menggunakan sleep aplikasi akan masih tetap tersimpan. Hal ini memungkinkan kamu untuk bisa dengan cepat melanjutkan pekerjaan saat mulai menjalankan Windows kembali. Sleep berguna untuk menjaga performa baterai laptop agar tetap awet, terlebih lagi hanya memerlukan sedikit memori.

Apa itu Hibernate?

Hibernate digunakan saat kamu ingin mematikan atau meningalkan laptop cukup lama, dalam keadaan sedang menjalankan berbagai dokumen atau aplikasi, tetapi kamu juga tidak ingin menutup pekerjaan tersebut. Dengan fitur hibernate maka semua aplikasi yang sedang berjalan akan tersimpan di dalam memori harddisk. Saat kembali dinyalakan, laptop akan langsung berada di posisi terakhir sebelum diperintahkan hibernate. Seperti halnya shutdown, hibernate akan benar-benar mematikan laptop, sehingga tidak memakan daya baterai meskipun membutuhkan beberapa MB untuk menyimpan kondisi laptop.

Apa itu Sleep Hybrid?

Sleep Hybrid adalah fitur lain menghemat daya baterai yang relatif baru untuk komputer desktop, merupakan kombinasi antara fitur Sleep dan Hibernate. Berfungsi menyimpan semua dokumen atau aplikasi yang terbuka ke memori harddisk, dan kemudian menempatkan komputer dalam keadaan daya yang lebih rendah seperti halnya saat standby. Keuntungan menggunakan Sleep Hybrid adalah jika terjadi kegagalan daya atau pemadaman listrik, komputer Windows akan dengan cepat mengembalikan pekerjaan kamu yang di ambil dari hardisk (fiberfil.sys) yang selanjutnya bisa dipergunakan kembali dimana saat komputer dalam kondisi terakhir.
Naah..sekarang kamu sudah mengertikan apa itu Sleep, Hibernate, dan Sleep Hybrid? Dari ketiga mode tersebut, kamu bisa pergunakan sesuai dengan kebutuhan. Namun jika kamu menggunakan laptop PG menyarankan cara terbaik menghemat daya baterai adalah dengan Hibernate. Semoga bermanfaat :D

0 komentar:

Posting Komentar