Rabu, 17 Oktober 2012

Posted by AnDiz-SoftWare On 09.19

advertisements
Akibat terparah dari Hardisk yang jatuh bisa jadi kamu kehilangan data karena kerusakan track, bisa juga hard diskmu mengalami eror sehingga tidak dapat digunakan lagi. Hiks… Bagaimana mengatasi situasi ini?
Memang melakukan backup data dan menggunakan program recovery hard disk bisa mencegah kita kehilangan data. Akan tetapi, kadang-kadang kerusakan hardisk tidak terjadi secara seketika. Kamu bisa menggunakan DiskCheckup, sebuah software untuk memonitor kemungkinan kerusakan hardisk.
Kamu bisa mendownload aplikasi tersebut di:
advertisements
http://www.passmark.com/products/diskcheckup.htm
Mengetahui Kondisi ‘Kesehatan’ Hard disk dengan DiskCheckup
Aplikasi ini akan menampilkan semua drive pada hardisk pada interfacenya saat startup. Bagian bawah layar akan mengumpulkan informasi dari drive di bagian atas. Informasi tersebut dikelompokkan ke dalam empat macam tab, yaitu:
  • Device Info
Memberikan informasi mengenai kapasitas, interface, nomor model, firmware, dan perangkat lain terkait informasi standar drive tersebut.
  • SMART Info
Menampilkan informasi mengenai kesehatan drive tersebut. Disini kamu akan menjumpai informasi tentang temperatur saat ini dan kemungkinan temperatur terburuk, atau tingkat error, dan informasi status yang menginformasikan apakah drive tersebut masih berjalan dalam batasan yang bagus.
  • SMART History
Fitur ini secara default di-deaktivasikan. Kamu bisa mengaktifkan fitur ini di program setting. Perlu diingat bahwa file data bisa berkembang ukurannya secara singnifikan. Karena itu disarankan untuk mengaktifkan fitur ini secara temporer saja.
  • Disk Self Test
Mengetahui Kondisi ‘Kesehatan’ Hard disk dengan DiskCheckup
Fitur ini menawarkan tes singkat dan menampilkan status tes tersebut setelahnya.
Setelah memanfaatkan fitur ini, kamu akan mendapat laporan mengenai kesehatan hardisk kamu.
Jangan lupa sebelum memanfaatkan aplikasi ini, kamu perlu meng-enable warning system  dengan mengklik tombol configuration. Disini kamu bisa menjelaskan tingkat peringatan temperatur dan mengkonfigurasikan apakah kamu ingin melihat window pesan atau menerima email bila nilai batas hardisk kamu sudah melampaui ambang batas.
Dengan memanfaatkan aplikasi ini, kamu bisa mengetahui kondisi kesehatan hardisk kamu sehingga nantinya mengambil langkah preventif bila hard disk kamu menurun kesehatannya, yaitu dengan cara mem-back up data-data hardisk kamu atau mempertimbangkan membeli hardisk baru…
Fungsi DiskCheckup ini sangat mirip dengan O&O DriveLED 4 yang sudah pernah PG bagi sebelumnya. Memang, sedia payung sebelum hujan sangat perlu dilakukan di segala bidang..termasuk backup-lah data sebelum terlambat.

0 komentar:

Posting Komentar